Jumat, 25 Juli 2014

Mobile Water Treatment Plant Unit

Mobile Water Treatment Plant Unit, an innovative water treatment system

citrabening mobile water treatment plant unit adalah system pengolahan air secara mobile (bergerak) yang kompak dan terintegrasi dalam satu system unit, dilengkapi proses pretreatment and reverse osmosis (RO) yang mampu memproduksi air dari sumber yang bervariasi dengan kapasitas mulai dari 2000 gpd. Unit ini juga dapat dikobinasikan dengan sistem ultrafiltrasi.

Dimanapun di muka bumi ini, bencana alam selalu dapat terjadi baik akibat faktor alam maupun akibat ulah manusia. Berbagai langkah antisipatif sudah dilakukan oleh berbagai pihak guna meminimalisir dampak dari sebuah bencana alam. Salah satu dampak dari bencana alam adalah sulitnya mendapatkan akses air bersih, sehingga hal ini dapat menjadi sumber potensi dampak lanjutan dari sebuah dampak bencana.

Mobile UF-ROKini, sebuah terobosan innovatif rancangan anak bangsa dapat digunakan sebagai salah satu upaya antisipatif terhadap resiko dampak dari sebuah bencana alam; ialah Unit Pengolahan Air Sistem Bergerak atau Mobile Water Treatment Plant Unit). Unit ini mengadopsi teknologi reverse osmosis, yang merupakan teknologi paling dapat diandalkan saat ini. Unit ini tentu sangat berguna untuk mendukung langkah mengantisipasi dan membantu penyediaan air bersih dan air siap minum bagi masyarakat yang terkena dampak bencana. Sangat mudah untuk bergerak kemanapun dibutuhkan, sehingga langkah cepat dalam situasi emergency dapat dilakukan oleh pihak yang berkepentingan.

Unit pengolahan air ini merupakan sebuah inovasi teknologi pengolahan air, sebagai jawaban atas keterbatasan sumber air bersih/air minum di saat terjadi kondisi darurat, dilengkapi juga dengan generator listrik. Unit ini dapat bebas bergerak sesuai kebutuhan, sudah dilengkapi dengan system pengaman terhadap mikro organisme yang umumnya terdapat di dalam air.

Beberapa keuntungan menggunakan citrabening mobile water treatment plant unit,

1. System kompak, dalam satu tempat (deck mobil)
2. Biaya instalasi dan operasi yang rendah.
3. Biaya produksi air dan perawatan unit juga rendah.
4. System operasi unit dapat secara manual atau otomatis atau penggabungan dari kedua system yang ada
5. Efektif untuk bergerak secara bebas di saat keadaan darurat
6. Unit ini mampu menyaring berbagai zat padat terlarut, termasuk berbagai jenis mikro organisme, warna, partikel logam, koloida, dan pencemar lainnya hingga 99,9%

Spesifikasi :

Dimensi (LxWxH) : Bak Mobil Type L300, Truk Engkel/Single, Truk Double
Berat (Shipping/Operating) : Tergantung kapasitas produk Air yang akan diproduksi.
Product Water (gpd) : Mulai 2000 gpd
Sistem Operasi : Manual – Otomatis
System Backwash : Tersedia
Sistem Cleaning In Place : Tersedia, sesuai permintaan
Tersedia Sterilisasi : Ultra Violet dan ozon
Kebutuhan Listrik : Tergantung kapasitas/220 – 380 volts
Sistem Koneksi Pipa Inlet/Outlet/Drain : Menggunakan PVC, HDPE atau Stainless Steel
Control Panel : Tersedia
Generator listrik : Tersedia
Pretreatment : Tersedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Air Sumber Kehidupan

Ketersediaan air kian hari kian menurun, hal ini disebabkan oleh besarnya jumlah penduduk, besarnya tingkat pencemaran dan kurang bijaknya manusia dalam mengeksplorasi sumber air dan kurang baiknya proses konservasi sumber daya alam. Pencemaran air tanah tidak hanya di sebabkan oleh limbah industri tetapi juga oleh limbah domestik (kegiatan rumah tangga).

Air memiliki sifat yang mudah larut dan melarutkan, selalu mengandung berbagai zat terlarut maupun zat tidak terlarut serta mengandung mikroorganisme atau jasad renik. Apabila kandungan berbagai zat maupun mikroorganisme yang terdapat di dalam air melebihi ambang batas yang diperbolehkan, maka kualitas air akan terganggu. Air yang terganggu kualitasnya dikatakan sebagai air yang tercemar. Untuk dapat digunakan kembali, air tercemar harus melalui proses pengolahan yang baik sehingga dapat menjadi air bersih.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memberikan sumbangsih besar dalam penyediaan air bersih bagi kehidupan manusia. Saat ini pengolahan air dapat dilakukan dengan teknologi/cara kimia dan dengan teknologi membrane seperti Ultrafiltration (UF) dan Reverse osmosis (RO). Teknologi ini dapat kita hadirkan di rumah kita, dengan biaya yang murah dan memberikan jaminan ketersediaan air bersih (air minum) yang berkualitas.

Air bersih yang dapat dikonsumsi membutuhkan syarat yang ketat yang meliputi empat aspek, yaitu : (1) Persyaratan biologis, (2) persyaratan kimia, (3) persyaratan fisik, (4) persyaratan radiologis.

Teknologi Ultrafiltrasi (UF)

Teknologi Membran (UF) merupakan salah satu terobosan teknologi baru yang dikembangkan untuk mengatasi permasalahan dalam dunia air. Sifat membran yang sangat selektif telah terbukti mampu rnemisahkan berbagai kontaminan dari dalam air sehingga diperoleh air yang bersih, baik secara fisik, kimia maupun biologi dan bahkan aman untuk dikonsumsi.


UF atau Ultrafiltrasi atau Ultra Filtration adalah suatu teknologi filtrasi dengan besaran pori 0.01 mikron Sistem kerja dari ultra filtration sebagai berikut :

Keunggulan dari sistem UF ini adalah pori-pori yang memiliki nilai absolut dibandingkan dengan filter biasa. Filter UF memiliki ukuran sangat kecil dibandingkan dengan bakteri sehingga lebih steril dari filterisasi biasa.

  • Penghambat mikroorganisma dan bakteri yang lengkap. Qualitas hasil yang difilter tidak tergantung dari air masuk
  • Ultrafiltrationjuga dapat membuang chlorine resistant germs seperti cryptosporidium. Konsentrat (air limbah) juga akan terbuang .
  • Dalam sistem yang dirangkai secara lengkap dapat menurunkan biaya investasi.dan juga biaya perawatan.
  • Memungkinkan sistem yang full otomatis.
  • dapat membuang hampir semua film-forming pada membrane reverse osmosis, sehingga dapat memperpanjang umur membrane

Sistem Reverse Osmosis (RO)

Menggunakan membran yang bersifat selektif semi permeabel dapat memisahkan air murni dari kotoran bahan pencemarnya. Membran yang berdimensi 0,0001 mikron mampu bekerja hingga memurnikan air dari berbagai aspek pencemaran seperti fisika, kimia dan mikrobiologi.

Sistem ini bukan saja sudah teruji secara kualitatif, tetapi juga secara kuantitatif sehingga telah digunakan untuk pengembangan proyek NASA, industri soft drink raksasa, Angkatan Laut Amerika Serikat.

Water RO direkomendasikan oleh :

  • Rumah sakit terkemuka untuk mesin Haemodialisa (cuci darah)
  • Industri farmasi sebagai pelarut obat
  • NASA, Badan Antariksa AS
  • Industri soft drink raksasa di seluruh dunia
  • Angkatan Laut AS, pada kapal selam dan kapal perang

Khusus untuk teknologi pemurnian minyak, Citra Bening menyediakan UF for oil, agar dihasilkan minyak dengan kualitas terbaik dan tingkat kemurnian tinggi.